Taman Nasional di Tibet Jadi yang Tertinggi Sedunia

Bookmark and Share
Minggu lalu, China baru meresmikan Taman Nasional Qomolangma di Tibet sebagai yang tertinggi di dunia. Taman nasional ini punya gleyser, hutan pinus, dan gunung-gunung berketinggian 8.000 mdpl yang bisa didaki wisatawan.


Sepertinya Tibet akan menjadi sasaran selanjutnya para traveler pecinta alam. Wilayah Otonom China ini baru saja meresmikan taman nasionalnya sebagai yang paling tinggi di dunia. Julukan "The World's Highest National Park" pun resmi disandang Taman Nasional Qomolangma Tibet, seperti yang ditulis CNNGo dari China Daily.





Taman nasional ini merangkul 5 gunung dengan ketinggian sekitar 8.000 mdpl, termasuk Gunung Everest yang punya nama lain Gunung Qomolangma, 8.484 mdpl. Ada pula Gunung Cho Oyo setinggi 8.201 mdpl, dan Gunung Shishipangama setinggi 8.031 mdpl.



Lalu apa daya tarik lain dari taman nasional ini? Taman Nasional Qomolangma juga memiliki 10 gunung yang bisa didaki, masing-masing berketinggian antara 7.000-8.000 mdpl. Tak ketinggalan gletser, mata air panas alam, dan hutan pinus.



Taman nasional ini memiliki luas sekitar 78.000 km2. Namun, hanya beberapa tempat bisa dimasuki turis, yaitu Prefektur Xigaze, bagian selatan Tibet. Letaknya pun dekat dengan perbatasan China dan Nepal.



"Taman nasional akan difokuskan untuk perlindungan ekologi, keanekaragaman hayati, dan pencegahan dari eksploitasi sumberdaya ilegal," kata Wakil Kepala Biro Pariwisata Tibet, Sun Yongping.



Nah, untuk Anda yang tertarik berkunjung bisa membayar biaya masuk sebesar RMB 180/orang (Rp 275.000). Kalau Anda membawa kendaraan maka biaya yang dikenakan pun berbeda, yaitu sekitar RMB 400 atau Rp 610.000 untuk kendaraan kecil, dan RMB 600 atau Rp 915.000 untuk kendaraan besar. Sayangnya tidak ada penjelasan lebih untuk definisi kendaraan besar dan kecil yang dimaksud.



Selain menyediakan uang yang cukup besar, wisatawan yang ingin mencicipi asyiknya mendaki taman nasional tertinggi sedunia ini harus mengajukan surat izin masuk taman nasional, setidaknya 10 hari sebelum keberangkatan.




Taman Nasional Qomolangma adalah taman nasional ketiga di Tibet, setelah Taman Nasional Yarlung Zangbo Grand Canyon di tenggara Tibet dan Taman Nasional Namtsi di timur Tibet.



Sebagai pemilik taman nasional tertinggi, Tibet rencananya juga akan dijadikan sebagai tujuan wisata dunia oleh Pemerintah China. Tidak hanya itu, Tibet juga akan menjadi lokasi dengan bandara tertinggi di dunia lewat Bandara Nagqu yang berada di ketinggian 4.436 mdpl. Rencananya, bandara ini akan dibuka pada tahun 2015.

{ 0 التعليقات... Views All / Send Comment! }

إرسال تعليق